Konten VS Backlink siapa yang menang ??

View previous topic View next topic Go down

Konten VS Backlink siapa yang menang ??

Post by Admin on Mon Jan 11, 2016 8:38 pm

Beberapa bulan belakangan ini saya telah disibukkan oleh rasa keingintahuan saya yaitu tentang SEO. Pelan-pelan saya mencari tau apa itu SEO dan bagaimana cara penerapannya mulai dari membuat Blog, CMS. Untuk SEO On-Page memang gak begitu sulit Gan, yang penting agan rajin baca dan bertanya sama yang lebih berpengalaman. Yang saya alami dan paling sulit adalah tingkat akhir dari SEO itu sendiri yaitu SEO Off-page. Mengapa begitu sulit ??

Karena dalam proses SEO Off-page yaitu Link Building itu membutuhkan waktu yang sangat panjang dan melelahkan. Ditingkatan ini saya hampir putus asa karena begitu sulitnya memperoleh backlink yang bagus & berkualitas. Ditambah lagi dengan kucing-kucingan dengan Mbah Google membuat proses pencarian Backlink itu semakin sulit. Di tengah pembelajaran saya mengenai SEO, sempat timbul pertanyaan bagi saya sendiri yaitu Konten VS Backlink siapa yang menang ?? Karena 2 hal tersebut adalah hal yang berbeda & dengan teknik yang berbeda pula.

Penerapan SEO sedang dalam masa perubahan, karena binatang peliharaan Google yang bernama Penguin akan mematuk satu-persatu cacing-cacing backlink yang tidak berkualitas. Sepengetahuan saya saat ini Binatang tersebut semakin cerdas karena dapat mengetahui kualitas suatu link.

Mengenai Konten sendiri, Majikan dari Penguin menerangkan "Jika ingin mendapatkan Backlink maka buatlah konten yang berkualitas". Secara Logika memang masuk akal apa yang dia utarakan, tetapi dalam prakteknya saya menemukan hal tersebut mustahil diperoleh oleh situs baru dalam waktu yang sebentar, pendapat tersebut hanya berlaku pada Situs yang sudah besar dan ternama. Konten yang berkualitas tidak akan diketahui banyak orang tanpa backlink. Logika yang paling benar adalah seperti ini :

"Jika Agan membuat sebuah Toko baru dengan kualitas barang paling bagus di pasaran, dan Agan berpandangan bahwa dengan kualitas barang yang bagus tersebut Toko Agan akan cepat terkenal dan Toko Agan akan berkembang dengan cepat mengalahkan Toko-Toko besar yang sudah terkenal"

Mungkinkah itu ??
Jawabannya memang mungkin, tapi waktunya pasti akan sangat lama apalagi tanpa promosi. Disini saya mengumpamakan Toko tersebut dengan Situs, dan Backlink adalah Promosinya. Tanpa Promosi, mustahil Toko Agan akan cepat terkenal dan berkembang dalam bersaing dengan Toko-Toko besar yang sudah ternama di pasaran. Agan harus rajin-rajin berpromosi untuk memperkenalkan Toko Agan.

Google memang menentang teknik-teknik SEO yang ada di masa lalu, karena begitu banyak Situs yang melanggar aturan dalam menanam Backlink. Bahkan Google telah menentang Situs yang menanam Backlink dengan secara sengaja di Situs lain. Sampai segitunya Gan !!

Backlink tetap mempunyai Power yang lebih dibandingkan dengan Konten, Konten yang sangat bagus sekalipun belum tentu di urutan atas SERP tanpa Backlink. Karena robot bukan manusia, robot tidak dapat mengenali bagusnya suatu Konten melainkan dengan acuan parameter alogaritma yang telah di program oleh Google, dan parameter tersebut salah satunya ialah Backlink. Robot Google menganggap konten yang paling banyak memiliki tautan dari luar adalah yang terbaik.

Jadi kesimpulannya adalah :

Konten VS Backlink siapa yang menang ??

Bagi Manusia = Konten memang menang
Bagi Robot Search Engine = Backlink tetap pemenangnya lol! lol!

sekian dulu,

salam SEO is ME

Admin
Admin

Posts : 3
Join date : 2016-01-11

View user profile http://berita.indonesianforum.net

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum